Pentingkah Windows Update?

Pentingkah Windows Update?

Apakah Windows Update sangat penting? Menerapkan pembaruan setiap bulan bukanlah sesuatu yang diharapkan oleh administrator sistem tetapi itu sangat penting pada saat menggunakan windows.

Sebagian besar pembaruan setiap bulan menyertakan pembaruan keamanan. Masalah keamanan adalah jenis yang paling buruk karena dapat di serang oleh malware atau peretas. Jenis situasi ini secara teratur teridentifikasi pada bagian Windows – misalnya ActiveX, IIS, Internet Explorer dan .Net Framework.

Windows Update

Pembaruan lainnya mengatasi bug dan masalah lain pada Windows. Meskipun mereka tidak bertanggung jawab atas kerentanan keamanan, mereka dapat memengaruhi stabilitas Sistem Operasi Anda. Windows Update terkadang datang dengan fitur baru, sambil menambal beberapa masalah dan contoh untuk kasus ini adalah IIS dan Internet Explorer.

Kode yang membentuk sistem operasi Windows berisi lubang loop keamanan, kesalahan, ketidakcocokan, atau elemen perangkat lunak yang ketinggalan zaman. Singkatnya, Windows tidak sempurna, kita semua tahu itu. Patch keamanan Windows terbaru memperbaiki kerentanan dan kesalahan di Windows dan perangkat lunak terkait, dan terkadang menambahkan fitur baru. Ini pada dasarnya merangkum mengapa Anda harus secara teratur menjalankan Pembaruan Windows.

Masalah keamanan secara teratur sudah teridentifikasi di berbagai bagian sistem operasi Windows, termasuk platform utama. Bahkan jika Anda tidak menjalankan perangkat lunak terkait, ada risiko untuk tidak menambalnya, hanya karena itu terpasang pada sistem Anda. Perhatikan bahwa pembaruan ini diperlukan, bahkan jika Anda menjalankan perangkat lunak anti-malware atau anti-virus, karena perangkat lunak tersebut mungkin tidak cukup melindungi Anda dari masalah keamanan Windows.

Apa Konsekuensinya?

Konsekuensi potensial dari tidak menginstal pembaruan keamanan adalah perangkat lunak yang rusak, kehilangan data, atau pencurian identitas. Setiap tahun, malware menyebabkan kerusakan jutaan dolar di seluruh dunia. Alasan yang cukup sederhana adalah pengguna tidak memasang perangkat lunak penting atau pembaruan sistem operasi dan itu memungkinkan malware untuk mengeksploitasi celah yang ada di setiap perangkat lunak.

Kerentanan berpotensi dapat terekspose dalam beberapa jam setelah publik mengetahui kerentanan tersebut. Jadi setelah pembaruan keamanan tersedia, Anda harus merencanakan untuk menginstal perbaikan untuk melindungi sistem Anda dari serangan malware.

Daftar Updates Windows

Beberapa cara untuk mengontrol dan memantau penyebaran pembaruan Microsoft di lingkungan perusahaan adalah dengan produk seperti WSUS atau System Center Configuration Manager (SCCM).

Berikut adalah daftar yang diambil dari Microsoft dari beberapa jenis pembaruan umum yang tersedia setiap bulan.

Critical Updates

Critical Updates adalah perbaikan yang dirilis secara luas untuk masalah tertentu yang menangani bug kritis yang tidak terkait dengan keamanan.

Pembaruan Keamanan

Pembaruan keamanan adalah perbaikan untuk mengatasi kerentanan terkait keamanan. Penilaian pada kerentanan keamanan berdasarkan tingkat keparahannya dan peringkat keparahan tersebut terklasifikasi sebagai kritis, penting, sedang, atau rendah.

Rollup Bulanan

Rollup Bulanan relatif baru. Mereka adalah kumpulan pembaruan kumulatif yang teruji. Mereka mencakup pembaruan keamanan dan keandalan melalui Pembaruan Windows, WSUS, Manajer Konfigurasi Pusat Sistem, dan Katalog Pembaruan Microsoft untuk penyebaran yang mudah.

Rollup Bulanan adalah produk khusus, membahas masalah keamanan baru dan masalah non-keamanan dalam satu pembaruan dan secara proaktif akan menyertakan pembaruan.

Penilaian kerentanan keamanan berdasarkan tingkat keparahannya. Peringkat keparahan terklasifikasi dalam buletin keamanan Microsoft sebagai kritis, penting, sedang, atau rendah. Setelah keparahan terklasifikasi maka Rollup Bulanan tersebut akan mempunyai judul Rollup Kualitas Bulanan Keamanan saat Anda mengunduh atau menginstal.

Pengklasifikasn Rollup Bulanan ini sebagai pembaruan "Penting" pada Pembaruan Windows dan akan secara otomatis mengunduh dan menginstal jika pengaturan Pembaruan Windows Anda sudah terkonfigurasi secara otomatis mengunduh dan menginstal Pembaruan penting.

Paket Layanan

Paket layanan adalah kumpulan kumulatif semua perbaikan terbaru, pembaruan keamanan, pembaruan penting, dan pembaruan lainnya yang sudah teruji dan kumulatif. Selain itu, paket layanan mungkin berisi perbaikan tambahan untuk masalah yang ada secara internal sejak perilisan produk. Paket layanan juga dapat berisi sejumlah perubahan atau fitur desain dalam jumlah terbatas pada saat pelanggan memintanya.

Non Critical Updates

Meskipun Critical Updates tidak bertanggung jawab atas kerentanan yang relevan dengan keamanan, pembaruan tersebut mungkin masih sangat mengganggu karena berpotensi memengaruhi kinerja dan stabilitas Windows. Jadi alasan utama untuk menginstal pembaruan umum adalah untuk menghindari atau menyelesaikan masalah Windows dan semoga memiliki Sistem yang berjalan dengan lancar.

Pengujian

Microsoft akan menguji pembaruan terbaru sebelum rilis pada hari Selasa kedua setiap bulan. Sayangnya, ada banyak sekali konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak yang mungkin ada di komputer Windows. Menguji semua sistem komputer yang mungkin hampir tidak mungkin.

Ketika pembaruan Windows menyebabkan masalah, kemungkinan karena perangkat lunak atau driver yang memiliki masalah dengan pembaruan, bukan pembaruan itu sendiri.

Sangat penting untuk membuat grup desktop dan server untuk menguji pembaruan terbaru. Setelah pembaruan terpasang pada pengujian, komputer memantau dan mendokumentasikan setiap penyimpangan dalam perilaku sistem pengujian. Jika semuanya baik-baik saja setelah setidaknya satu minggu dengan grup uji, relatif aman untuk menerapkan pembaruan yang telah teruji ke produksi.

Bahkan setelah pengujian, tidak ada jaminan masalah tidak akan muncul tetapi tidak sebanding dengan risiko yang mungkin Anda ambil karena tidak menerapkan patch keamanan ini.

Kesimpulan

Sangat penting untuk menginstal pembaruan keamanan untuk melindungi sistem Anda dari serangan berbahaya. Dalam jangka panjang, penting juga untuk menginstal pembaruan perangkat lunak, tidak hanya untuk mengakses fitur-fitur baru, tetapi juga untuk berada di sisi yang aman dalam hal lubang loop keamanan yang terdapat dalam program yang sudah ketinggalan zaman. Dan itu adalah kepentingan terbaik Anda untuk menginstal semua pembaruan lainnya, yang berpotensi menyebabkan sistem Anda menjadi rentan terhadap serangan.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda, atau pengguna lain, di media sosial. Terima kasih telah membaca, semoga harimu menyenangkan.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Padma
    Padma June 26, 2020 at 11:48 AM

    mantul...

Add Comment
comment url